Kamis, 15 September 2011

Investor Konservatif Memilih 3

Bagaimana cara membaca tabel di bawah ini ??? mungkin sudah banyak yang ngerti caranya tapi saya akan tetap mencoba membahasnya karena beberapa Investor juga masih baru dan belum begitu mengerti membaca ringkasan-ringkasan LK seperti ini ...












Setelah Anda memasukkan data-data di atas mari kita coba membacanya ... sebagai contoh saya akan membahas LK full year 2009 vs 2010.

  1. Asset >>> Jika asset terus bertambah sangat bagus untuk sebuah perusahaan.
  2. Liabilities >>> Liabilities yang baik adalah jika terus menurun, tetapi jika liabilities naik tidak signifikan alias masi dalam hal yang wajar ... yaa gak masalah untuk mengetahuinya wajar atau tidak suatu liabilities naik, saya cukup mengecek rasio DER.
  3. Asset vs Liabilities >>> Current asset harus lebih besar dari current liabilities, kenapa ??? agar perusahaan yang bisa sewaktu-waktu diterjang badai, perusahaan tidak akan bermasalah pada keuangannya ^_^.
  4. Equity >>> Cari perusahaan yang equity-nya selalu naik dan harus didukung oleh retained earning (saldo laba)
  5. Retained earning >>> Sama seperti equity, pilih perusahaan yang selalu naik retained earning-nya. Retained earning digunakan untuk melihat seberapa besar kemampuan perusahaan untuk ekspansi, membayar deviden dan kepercayaan bank untuk memberikan pinjaman. Jangan pernah memilih perusahaan yang sedang defisit alias retained earning-nya masih negatif ... Anda sebagai investor retail tidak akan dipedulikan dulu oleh perusahaan ^_^.
  6. Revenue, Operating Income dan Net Income >>> Pilih perusahaan yang selalu naik Income-nya seperti contoh di atas apalagi naiknya membesar seperti di atas dari 12% ke 37% ke 46% ... istilah perusahaan seperti ini bisa meningkatkan Sales kemudian mengecilkan beban usaha sehingga Operating profit bisa naik lebih besar dari Sales. Sooo Sweet ^_^.
  7. Kemudian kita menuju ke Rasio-rasio seperti ROE, ROA, OPM dan NPM ... soal dapet angka dan pengertian rasio-rasio di atas, silakan anda cari melalui Om Google kita. Usahakan juga cari perusahaan yang rasio-rasio di atas meningkat ^_^ ... Jika nanti anda bertemu dengan perusahaan yang NPM-nya meningkat signifikan sedang OPM meningkat biasa aja ... Anda harus curiga perusahaan baru mendapatkan dana yang cukup besar selain dari operasi intinya seperti baru jual aset, keuntungan kurs atau lainnya ^_^. Pendapatan-pendapatan seperti ini tidak akan bertahan cukup lama.
  8. Terakhir jika Anda belum bisa menentukan harga wajar suatu perusahaan, pilihlah PER yang cukup wajar untuk Anda beli, silakan bandingkan dengan perusahaan sejenis atau dengan rata-rata PER 5 tahun ke belakang.
Cukup Sederhana bukan !!!! Simple, Mudah dan gak Ribet

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar