Senin, 19 September 2011

Hanya Dengan Pendapatan !!!

Melanjutkan posting Investor Konservatif Memilih 3, kita akan coba melihat bagaimana dengan ringkasan pendapatan saja, kita bisa mengetahui banyak hal tentang isi dari sebuah Laporan Keuangan emiten.
Beberapa studi kasus berikut cukup mewakili hal-hal yang sering terjadi pada emiten-emiten BEI, mari kita lihat:

  • Perusahaan seperti di bawah yang revenue naik +25% sedang operating profit malah -10,8% ... kita langsung bisa tau bahwa perusahaan cukup tertekan karena beban operasional yang naik melebihi kenaikan revenue. Kemudian perusahaan tiba-tiba menghasilkan net income +34% yang menandakan perusahaan mendapatkan income bukan dari operasional perusahaan tetapi dari pendapatan lain-lain seperti mungkin keuntungan kurs, jual aset, keuntungan perusahaan asosiasi ... kalau yang terakhir ini masih layak untuk kita perhitungkan sebagai keuntungan operasional ... tapi jika dari keuntungan kurs atau jual aset, berhati-hatilah karena keuntungan seperti ini sangat jarang akan terjadi ^_^.


  • Perusahaan seperti di bawah adalah perusahaan dengan kinerja yang normal karena kenaikan revenue +28% diikuti operating income +133% yang menandakan perusahaan juga dapat mengurangi beban operasional perusahaan dengan cukup efisien ^_^. Net income yang naik +113% tidak sebesar kenaikan operating income sangat wajar karena telah dikurangi oleh beban yang lain seperti, beban bunga (jika ada), beban pajak dan beban lainnya .... ya secara logika cukup normal.

  • Ada juga perusahaan-perusahaan dengan ciri yang sangat-sangat sulit ditemukan pada emiten di BEI yaitu dimana revenue bisa melebihi total asset yang ada ... coba anda lihat pada bagian yang ditandai oleh biru, dimana perusahaan bisa menghasilkan revenue sebesar 8,7 T hanya dengan total aset 7,7 T ... perusahaan seperti ini diibaratkan bisa menghasilkan Sales yang lebih besar melebih harga dari pabrik, mesin, kendaraan, tanah, bangunan dan aset lainnya .... salah satu perusahaan super seperti ini adalah UNVR, jadi cukup wajar harga saham perusahaan seperti ini cukup mahal ^_^ ... masih ada kok perusahaan lain yang mirip ciri-cirinya seperti penjelasan di atas yang mempunyai harga cukup murah secara valuasi .... cari aja beberapa emiten yang dalam 5 tahun terakhir bisa naik ribuan % ... beberapa dari mereka akan ada yang berciri seperti ini ^_^.


Sebenarnya sih ada 3 lagi, tapi anak mau ngajakin Main Terus ... ini aja updatenya dari tadi jam 8 sampai sekarang gak selesai-selesai ^_^ .... ini aja dulu deh daripada gak ada update hehehehehe ... besok deh dilanjutin.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar