Selasa, 20 September 2011

Hanya Dengan Pendapatan 2 !!!

Langsung saja kita lanjutkan karena kalau nanti sudah basa bisa jadi basi ^_^

  • Untuk perusahaan satu ini revenue naik +42% diikuti oleh kenaikan operating profit yang signifikan +375%, sepertinya perusahaan mampu dengan baik memanage beban operasional secara efisien, tetapi yang selanjutnya terjadi adalah net profit kok hanya naik +21% ... apa gerangan yang terjadi ??? mungkinkah karena beban bunga yang besar (terlihat dari rasio DER mencapai 2,4x) ? ... bisa iya, tapi sangat gak mungkin dari operating profit yang naik kencang tiba-tiba net income cuma naik biasa aja. Coba deh kita lihat pada operating income dan net profit di 2009 .... operating income yang hanya 25.154 juta naik dua kali lipat menjadi 58.765 juta pada net income, disini menandakan ada pendapatan lain-lain pada tahun 2009 sehingga pada saat pendapatan lain-lain ini hilang pada tahun 2010 membuat kenaikan net profit pada 2010 seolah-olah menjadi kecil ... contoh ini juga yang terjadi pada MLPL, MPPA dan akan terjadi pada AKRA tahun depan jika akra tidak memberi nilai yang bagus di 2011 ^_^ ... untungnya nih perusahaan bisa menghasilkan revenue dan operating profit yang cukup bagus di tahun 2010.

  • Kadang kala kita dalam menganalisa menemukan sedikit dari perusahaan yang mempunyai ciri seperti tabel di bawah, istilah saya; perusahaan seperti ini mempunyai neraca yang sangat Cantik ... di mana sih letak cantiknya ??? ^_^ . Lihat kenaikan revenue > operating profit > net profit, secara step by step seperti anak tangga naik membesar, diikuti oleh penurunan yang cukup besar pada current dan total liabilities perusahaan, sedang aset, equity dan saldo laba tetap bisa naik cukup besar tanpa terbeban oleh pengurangan liabilities ^_^ ... Mantep gak nih neraca hehehehe, jadi cukup wajar jika perusahaan dinilai oleh pasar dengan harga cukup premium.

  • Nahhhh ini yang terakhir, kalau ada perusahaan dengan ciri seperti ini di mana revenue dan operating naik cukup lumayan tapi net profit juga bisa naik gila-gilaan .... Anda cukup mencurigai 3 hal yaitu ini perusahaan baru IPO, Right Issue, baru jual Aset yang cukup besar atau malah dapet pelanggan baru yang cukup prosfek ^_^

Kira-kira seperti inilah ciri-ciri yang sering terjadi pada laporan keuangan emiten-emiten di BEI, hanya berbeda pada penyebabnya saja, sekali lagi kita gak perlu merasa sulit dalam menganalisa fundamental suatu perusahaan, cukup dengan tabel sederhana di atas, kita bisa melihat hal-hal yang mungkin terjadi pada perusahaan dan isi laporan keuangannya.

Semoga bermanfaat
Salam
DatokBaihaki





Tidak ada komentar:

Posting Komentar