Kamis, 14 Juli 2011

Si Ayam Fiesta

CPIN yang bergerak pada bidang pakan ternak yang lebih terkenal dengan produk nugget Fiesta di Masyarakat adalah pemimpin pasar berhadapan langsung dengan perusahaan pakan ternak lainnya yaitu JPFA.
Walau secara Asset kedua perusahaan ini hampir sama besar tetapi CPIN lebih menguntungkan secara bisnis, ini bisa terlihat pada tabel di bawah:


Rasio-rasio keuangan CPIN sangat-sangat menarik dengan ROE 51%, ROA 37%, NPM 15% dan DER 0,4x membuatnya menjadi terbaik di sektor Pakan Ternak.
Dan kalau anda lihat ringkasan LK full year pada tabel diatas, neraca CPIN mempunyai kemiripan dengan UNVR, JPFA, dan JTPE yaitu dimana dengan asset 6,5 Triliun bisa menghasilkan revenue lebih dari 2x  asetnya yaitu 15 Triliun, sesuatu hal yang sangat sulit ditemui pada perusahaan-perusahaan yang listing di BEI.
Sayang PBV sudah sangat tinggi bagi sebagian orang, tapi bagi saya nilai PBV tinggi seperti ini sangat sesuai dengan kinerjanya selama ini. Mari kita lihat apakah kinerja perusahaanya yang baik sejalan dengan penilaian pasar terhadap harga sahamnya:


Anda bisa lihat sendiri bagaimana tulang CPIN yang kuat sangat-sangat bisa menopang kenaikannya yang cukup fantastis. Sekarang setelah kita melihat kinerja yang sangat baik, apakah diharga sekarang CPIN masih layak di koleksi?






















Dengan laba usahan yang konsisten bertumbuh diatas 20% serta perhitungan yang sedikit moderat untuk CPIN, margin of safety 30% cukup mempunyai ruang yang baik bagi anda yang ingin meminang Ayam Super ini ^_^

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar