Selasa, 16 Agustus 2011

Jebakan Price Earning Ratio

Banyak dari Investor yang melihat valuasi hanya dari nilai PER yang kecil saja, tanpa meneliti lebih dalam apakah perusahaan tersebut memang benar di jual Murah atau malah MURAHAN ^_^
Dimana kadang kita mendapati perusahaan yang selama ini sering merugi tiba-tiba bisa menghasilkan keuntungan sehingga EPS menjadi positif dan seakan-akan membesar signifikan sehingga membuat sebuah nilai PER yang mengecil signifikan. Sedang sejarah mengatakan perusahaan ini lebih sering ruginya dari pada untung ^_^.

Kita ambil contoh perusahaan biasa saja dengan growth 10% dan PER 7x ... kinerja nih perusahaan cukup stabil dengan growth 10% /tahun tanpa pernah rugi ^_^ dibandingkan dengan perusahaan yang sudah cukup besar dengan growth stabil 25% /tahun dan mempunyai PER 17,5x.


Kita lihat, tetap dalam jangka panjang perusahaan dengan PER 17,5x bisa mengalahkan perusahaan dengan harga murah dengan growth yang kecil ^_^
Ini sih kita bandingin growth jangka panjangnya yang stabil 10%, bagaimana jika growth perusahaan tersebut hanya 5% atau malah growth perusahaan pesaingnya mempunyai growth di atas 30% .... Anda bisa bayangkan sendiri kejadiannya seperti apa (belum dihitung deviden yang continue dibayar oleh perusahaan dengan growth yang tinggi tersebut)

Jadi berhitunglah dengan cermat, luas dan tepat.
Yang lebih bagus sih pilih perusahaan dengan growth di atas 30% dengan PER yang masih rendah ^_^ hehehehe

Semoga Bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar