Rabu, 09 November 2011

Pita Perekat Daimaru

PT. Ekadharma International atau yang lebih dikenal oleh para Investor sebagai EKAD adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi Pita Perekat merk Daimaru dan Film foil, selain memproduksi produk-produk diatas, ekad juga mempunyai anak perusahaan yang bergerak dibidang isi ulang tinta printer walau kontribusi bidang ini sangat kecil untuk pendapatannya.

Mari kita masuk ke dalam, untuk melihat apa yang menarik dari kinerja perusahaan ini:




















Dari pandangan pertama seperti di atas, cukup menarik bagi saya untuk menganalisa lebih lanjut kinerja si mamang Ekad ini ^_^ ... saya sih gak akan banyak berkata-kata, karena Anda pasti ngerti membaca grafik kinerja di atas. Lanjut .....












Sangat disayangkan, sepertinya kinerja EKAD selalu saja terus menurun dari kuartal kedua sampai kuartal terakhir setiap tahunnya, ini sangat terlihat dari nilai EPS yang terus menurun. Kita lihat EPS Q1 2010 sampai full year 2010 dari 45 - 43 - 37 dan berakhir di 35 ... kita coba estimasi di 2011 dari Q1 - full year dari 61 - 53 - 44 - .... dan jika di full year EPS EKAD turun lagi kemungkinan akan berada pada range 35 - 40 maka dengan harga saat ini 285 maka PER akan berada pada 7x - 8x.

Apa yang sangat cukup membuat saya tertarik dengan perusahaan ini adalah pada kinerja Q3 2011, EKAD memasuki wilayah ciri-ciri perusahaan yang sangat-sangat saya sukai yaitu jumlah Revenue pada Q3 yang bisa melampaui total asset. Perusahaan dengan ciri-ciri seperti ini biasanya mempunyai growth yang tinggi yang dimasa depan akan sangat mudah membuat PER mengecil dan membuat ROE membesar.

Bagaimana harga wajar nih perusahaan ????




















Dengan harga wajar di atas sudah cukup bagi investor untuk tertarik ... dan karena EKAD ini kurang likuid maka perlu diskon lebih besar di atas 50% yaitu diharga 340 rupiah ... karena harga sekarang sudah dibawah 340 maka bolehlah mulai mencicil ^_^.

Note:
  • Saya sih belum punya saham nih perusahaan, tapi sudah mulai tertarik dan akan masuk diharga 250 kalau memang nanti dikasih ^_^.
  • Yang perlu diperhatikan dari perusahaan ini adalah Cash Flow dari operating activitiesnya setiap tahun .... jika masih saja Negatif .... silakan dibuang, karena ditakutkan akan seperti Enron yang tiba-tiba Koit ... Ingat Cash flow adalah Darah bagi sebuah Perusahaan .... kita aja kalo kurang darah bisa Koit ^_^.
Salam
Datok

3 komentar:

  1. Cashflow nya 5 tahun terakhir selalu minus. Apakah ini aman ? Kira2 apa penyebab negatifnya cash flow prshaan ini sampai 5 tahun terakhir ?

    BalasHapus
  2. Yups, makanya saya kasih NOTE harus diperhatikan CF-nya walau CF 2010 sudah positif, jadi ada resiko juga untuk berinvestasi di emiten ini terutama ya Cashflownya ... biasa piutang usaha

    BalasHapus
  3. Pak, yg di tabel terakhir itu di bagian laba usaha kynya keliru deh, itu yang dimasukkin malah beban usaha, CMIW.

    BalasHapus