Rabu, 07 Maret 2012

ITMG vs PTBA

Hehehehe sudah kadung janji tadi pagi mau posting head to head antara dua emiten batubara yang termasuk kelas kakap.

Kalau kita lihat ringkasan kinerja di bawah, dengan sekilas kita bisa melihat ITMG memukul telak PTBA pada tahun 2011, dengan growth EPS yang cukup tinggi yaitu di 167% bagi ITMG dan 53% dari kubu PTBA. Pertanyaannya Apakah benar growth mereka seperti itu ???, saya sih lebih suka membandingkan kinerja tahun 2011 dengan tahun 2009 karena pada tahun 2010 kinerja mereka keluar dari jalur yang benar. Jika dibandingkan dengan 2009 maka growth ITMG ada pada angka 60% (Muanntabbbs) sedang PTBA hanya 13% (stagnan). Lagian yang membuat menarik adalah revenuenya yang melebih total asset walau gak sampai 2x.

















Jadi pantas saja jika PE PTBA masih tetap tinggi walau secara harga sama seperti ITMG yang gak naik-naik ^_^, tapi keuntungan pada ITMG dengan growth yang tinggi membuat PE-nya rendah diharga sekarang ... secara Otak Investor sih harusnya senang dengan harga ITMG yang masih stagnan akhir-akhir ini karena Investor masih bisa ngumpulin sedikit demi sedikit ^_^

Dan jangan lupa ITMG biasanya memberikan deviden sebesar 75% dari EPS sehingga kemungkinan devidennya akan berada pada angka 3000an atau bisa dikatakan deviden yield ITMG 7%. Pastikan juga growthnya tetap stabil pada Q1 2012 ini : )).

Salam
Datok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar